Tips Cerdas Membeli Cincin Pernikahan

8:49 PM

Sedang mempersiapkan pernikahan? Apakah urusan mencari cincin kawin membuat anda bingung? berikut ada tips cerdas untuk memilih cincin kawin yang tepat agar anda tidak keliru.
Tips ini di buat untuk kamu yang sedang mempersiapkan hari besar dalam hidup.


-Mencari Referensi
Sebaiknya sering sering untuk browsing toko toko perhiasan, atau sekedar melihat referensi dari internet/majalah. Sebaiknya ini dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan. Sekitar 5-6 bulan sebelumnya cukup untuk berfikir dan memilih cincin yang terbaik untuk anda. Karena untuk pembuatan cincin (custom sesuai desain dan ukuran tangan) butuh waktu sekitar 2-4 minggu setelah dealing harga.
Biasanya untuk perempuan bisa memilih emas / permata, sedangkan untuk laki-laki bahan yang disarakan selain emas adalah Paladium.
Cari toko Perhiasan yang terpercaya. Dari dokumen cincin (biasanya berbentuk kertas/berbentuk kartu), hingga service seumur hidup untuk kerusakan atau peremajaan kembali cincin kawin yang sudah mulai usang/pudar warnanya.



- Atur Keuangan
Cincin pernikahan cukup beragam desain dan harganya pula. Bergantung dari bahan yang anda inginkan. Ada Emas kuning, Emas putih, Permata, Paladium, dan lain sebagainya. Dari cincin yang telah kamu pilih terlebih dahulu, cek kembali harga masing masing cincin tersebut.
Sesuaikan dengan kemampuanmu, sekitar 3 juta hingga 11 juta untuk sebuah cincin tergantung jenis cincin yang kamu pilih.



- Pikirkan Rencana ke Depan
Sebagian besar desain cincin itu itu saja. Alias desain cincin yang tidak aneh aneh bentuknya. Perhatikan desain yang cocok dengan pasangan. Jangan karena keputusan pasangan yang berbeda pendapat, bentuknya tak lagi sama (mirip).
Apabila anda berdua memiliki keputusan yang berbeda dalam desain cincinnya, anda dapat memilih cincin yang dapat di custom. Beberapa toko menyediakan layanan ini Free alias cuma-cuma.



- Pilih Model yang Simple & Nyaman
Walaupun jenis cincin kawin tak banyak modelnya, anda bisa menyiasatinya dengan jenis/bahan cincinnya. Ada yang di amplas lebih mengkilap, ada juga cincin kawin yang di desain doff (tidak mengkilap). Pilih yang nyaman dan model nya long lasting.
Di beberapa toko Emas juga menyediakan layanan grafir nama, beberapa memungut biaya, dan beberapa toko lainnya memberikan layanan free.




- Fitting Cincin
Ukurlah cincin pernikahanmu sesaat sebelum fix untuk membeli cincin. Jangan terlalu longgar, ataupun terlalu sempit. Karena terkadang jari tangan akan sedikit membengkak ketika pagi hari. Karena mengandum garam yang masih tersimpan di malam sebelumnya.
Pastikan ukur di jari manis sebelah kanan, bukan di sebelah kiri ya. Karena ukuran tangan kiri dan kanan pasti berbeda
tangan sebelah kiri adalah sudah dilamar
sedangkan tangan kanan adalah cincin sudah menikah



- Pilih Bahan yang Tepat
Jika memilih mengenakan cincin dari bahan platinum, baiknya hindarilah untuk tidak mengenakannya ketika melakukan pekerjaan berat dan kasar. Karena cincin dengan bahan ini cukup mudah tergores. Hindari juga dengan zat kimia yang mengandung klorin, seperti pemutih atau pembersih yang biasanya terkandung dalam kolam renang.  Selain platium, untuk pria dapat memilih bahan lain seperti paladium.



- Memilih toko yang tepat
Rata rata kadar emas untuk sebuah cincin kawin adalah 18 karat. Emas seperti ini berkadar 75% emas, dan bentuknya tidak akan berubah apabila dipakai dalam aktivitas sehari hari. Sebaiknya hindari kadar emas 24 karat, karena ukuran 24 karat mengandung logam yang cukup lunak, sehingga akan lebih mudah untuk berubah bentuk.




Demikian tips cerdas dalam memilih cincin pernikahan untuk kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan. Semoga lancar :)






You Might Also Like

0 comments