Persiapaan Acara Pengajian Menjelang Pernikahan

5:40 AM





Acara pengajian menjelang pernikahan diadakan bergantung masing-masing calon penganten dan keluarga. Ada yang mengadakan, ada juga yang tidak. Seringkali acara pengajian ini, diadakan bersamaan dengan acara adat, seperti siraman. Biasanya acara pengajian ini diadakan masing-masing keluarga calon penganten wanita dan pria, tetapi ada juga yang digabung. Kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan, berikut detailnya.

Acara
Yang perlu dipersiapkan pertama adalah acara pengajian itu sendiri. Tentukan tanggal dan waktu pengajian dengan mempertimbangkan kesibukan calon penganten dan keluarga inti, serta kesediaan dari para tamu undangan. Untuk tempat, biasanya acara pengajian diadakan di rumah calon penganten. Walaupun begitu, ada juga yang mengadakan di tempat lain, seperti di gedung, di restoran, atau tempat lainnya karena tamu yang diiundang jumlahnya melebihi kapasitas ruangan di rumah atau karena ingin lebih dekat lokasinya dengan tamu undangan.

Tamu Undangan
Selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah list tamu yang ingin diundang. Jumlah undangan harus ditentukan karena ini akan mempengaruhi semua aspek, baik budet, tempat, konsumsi, dan souvenir. Biasanya hanya keluarga dan tetangga yang diundang untuk acara pengajian. Tetapi ada juga yang mengundang anak yatim piatu untuk mendoakan calon pengantin dan keluarga pemangku hajat. Untuk mengundang para tamu pada acara pengajian, biasanya hanya menggunakan undangan digital (E-invitation) yang dishare melalui social media atau dikirimkan secara personal. Walaupun begitu, ada juga yang menggunakan undangan cetak. Baik E-invitation maupun undangan cetak dapat dipesan di paperpeace. 

Pemeran
Para pemeran atau orang-orang yang bertanggung jawab atas terlaksananya pengajian ini juga harus dipersiapkan dengan baik, mulai dari pembawa acara, pemimpin dan pembaca doa, pemberi sambutan (biasanya ayah sebagai kepala keluarga sekaligus pemangku hajat), calon penganten, serta panitia. Untuk panitia, tidak perlu banyak yang penting dapat menghandle konsumsi, persiapan tempat (dekor dan kebersihan), menerima tamu, menyiapkan souvenir / bingkisan, dokumentasi dan tanggung jawab lainnya yang sekiranya dianggap penting.

Perlengkapan
Biasanya saat mengadakan pengajian menjelang pernikahan ada beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan, seperti buku pengajian, souvenir/bingkisan, sound system, pendingin ruangan, pencahayaan (untuk dokumentasi), dll. Buku pengajian merupakan buku panduan yang diberikan kepada para tamu agar dapat mengikuti pembacaan doa oleh pemimpin doa. Untuk souvenir, yang biasanya dibagikan berupa mukenah, sarung, atau perlengkapan ibadah lainnya. Jangan lupa untuk setiap souvenir tersebut diberikan tag thank you. Untuk tag thank you dan buku pengajian biasanya dipesan di vendor yang sama dengan undangan (dapat dicek di paperpeace).  

Konsumsi dan Dekorasi
Konsumsi dapat disiapkan dengan memasak sendiri ataupun dengan memesan ke vendor catering bergantung jumlah tamu. Jika jumlah tamu yang diundang banyak, lebih baik diserahkan ke vendor dibandingkan masak sendiri karena takut hari H kelelahan. Untuk dekorasi karena tidak banyak dan besar, biasanya gabung dengan vendor catering. Tetapi ada juga yang memakai vendor dekorasi juga.

Dokumentasi
Untuk menangkap momen-momen penting dan mengharukan selama acara pengajian, perlu untuk mempersiapkan panitia atau vendor dokumentasi. Momen-momen ini tidak akan terulang untuk kedua kalinya dan akan menjadi memori yang tak terlupakan untuk kita. Oleh karena itu, penting untuk kita mendokumentasikannya, baik foto maupun video. Dokumentasi ini, juga nantinya akan bagus saat ditampilakan saat acara pernikahan nanti.

You Might Also Like

0 comments