Strategi Menetapkan Tanggal Pernikahan

7:59 PM




Satu hal yang cukup penting dalam mengadakan pernikahan adalah memilih tanggal pernikahan. Terkadang memilih tanggal pernikahan bisa mudah ataupun menantang. Sebagian orang ada yang menyerahkan pemilihan tanggal kepada orang tua mereka, sebagian ada yang menggunakan perhitungan tanggal baik, dan bahkan ada yang tidak terlalu memilih, sedapatnya saja. Walaupun berbeda, yang pasti setiap orang berharap semua tamu yang diundang menghadiri pernikahan mereka. Bukan tak mungkin, para tamu tidak bisa datang dikarenakan kita salah menentukan hari pernikahan. Untuk meminimalisir hal tersebut, kita perlu tahu cara mengatur hari pernikahan agar para tamu berkesempatan hadir memenuhi undangan kita.

Waktu mempersiapan pernikahan
Tanggal pernikahan dan waktu persiapan oleh vendor-vendor saling mempengaruhi. Ada beberapa vendor yang memerlukan waktu  untuk mempersiapkan pernikahan, seperti vendor undangan yang membutuhkan dua sampai tiga bulan untuk mencetak undangan; vendor butik yang membutuhkan tiga bulan untuk menjahit; serta vendor lainnya. Hal ini perlu menjadi pertimbangan untuk kita saat menentukan tanggal pernikahan.
Sedangkan ketika kita telah menentukan tanggal pernikahan sejak awal karena tanggalnya bagus, seperti tanggal 12 bulan 12 tahun 2012. Biasanya pada tanggal-tanggal cantik seperti itu, vendor-vendor memasang tarif yang lebih tinggi dan bahkan bisa jadi tidak available untuk tanggal tersebut karena banyaknya permintaan. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan pernikahan dari jauh-jauh hari.  

Saat kedua calon penganten tidak sibuk
Menentukan tanggal pernikahan perlu mempertimbangkan kesibukan dari kedua calon penganten, Dibutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk mempersiapkan pernikahan. Oleh karena itu, carilah tanggal pernikahan ketika kedua calon penganten tidak sibuk agar keduanya tidak terlalu kelelahan yang nantinya bisa menjadi kendala saat melangsungkan pernikahan , sepeti sakit atau hal lain yang tidak diinginkan.

Memperhatikan hari libur nasional
Tanggalan merah, liburan nasional, menjadi hal yang ditunggu-tunggu semua orang. Banyak yang sudah mengambil cuti dan merencanakan trip karena libur panjang. Alangkah baiknya kita menghindari pernikahan mendekati libur nasional karena dikhawatirkan banyak tamu yang berhalangan hadir.

Diskusi dengan kedua pihak keluarga
Inilah hal terpenting sebelum menentukan tanggal pernikahan yaitu berdiskusi dengan kedua pihak keluarga. Banyak hal yang perlu didiskusikan, terkait apakah ada acara keluarga lain ditanggal yang kita inginkan, adat dari masing-masing keluarga, atau ada permintaan lainnya dari pihak keluarga.

Menghindari musim hujan
Cek kondisi cuaca pada tanggal pernikahan yang kita pilih. Jangan sampai saat menentukan tanggal tersebut cuaca tidak bersahabat dan mengakibatkan para tamu enggan hadir ke pernikahan kita. Khusus untuk yang merencanakan pernikahan di luar ruangan (outdoor), siapkan rencana cadangan jika tiba-tiba turun hujan.

FYI, berdasarkan statistik, bulan yang ramai pernikahan biasanya dilangsungkan setelah idul fitri, mulai dari bulan Agustus sampai Desember.

You Might Also Like

0 comments